Sabtu, 31 Desember 2016

Penemuan Pengetahuan Dalam Database

Knowledge Discovery in Database ( KDD ) adalah istilah yang menjelaskan semua kegiatan pada data yang tersimpan dalam database yang mencakup :
  1. Data Warehousing, adalah perkembangan dari konsep database yang menyediakan sumberdaya data yang lebih baik bagi para pemakai dan memungkinkan pemakai untuk memanipulasi dan menggunakan data tersebut secara intuitif.
  2. Data Warhouse ini umumnya dilakukan di mainframe.
  3. Data Mart, adalah database yang berisi data yang menjelaskan satu segmenoperasi perusahaan, misalnya data mart pemasaran, data mart sumberdaya manusia dsb.
  4. Data Mining, adalah proses menemukan hubungan dalam data yang tidak diketahui oleh pemakai. Data mining membantu pemakai dengan mengungkapkan berbagai hubungan dan menyajikannya dengan yang dapat dimengerti sehingga dapat menjadi dasar pengembilan keputusan.
 Penemuan Pengetahuan Dalam Database
KDD dan konsep integral data warehousing dan data mining menggambarkan suatu cara yang inovativ dengan memanfaatkan komputer untuk menyediakan data yang secara normal tidak diidentifikasi oleh para pemakai sebagai solusi untuk pemecahan masalah. Ada tujuh langkah dalam KDD :
  1. Mendifinisikan data dan tugas.
  2. Mendapatkan data
  3. Membersihkan data.
  4. Mengembangkan hipotetis dan model pencarian.
  5. Menggali data, mencari pola2 baru dan pengetahuan baru.
  6. Menguji dan memastikan seberapa jauh data yang dipilih dapat digunakan.
  7. Menafsirkan dan menggunakan dalam menafsirkan data dan membuat keputusan dalam pemecahan masalah.

Share this

0 Comment to "Penemuan Pengetahuan Dalam Database"

Posting Komentar