Senin, 16 Januari 2017

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer  autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).  Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses  penuh,  sehingga  dapat  membuat  komputer lain, restart,  shutdows,  kehilangan  file  atau kerusakan sistem. 

Dalam defenisi  networking  yang  lain autonomous  dijelaskan  sebagai  jaringan  yang  independent dengan manajemen sistem sendiri (punya admin sendiri), memiliki topologi jaringan, hardware dan software  sendiri, dan  dikoneksikan  dengan jaringan  autonomous  yang  lain.  (Internet  merupakan contoh kumpulan jaringan autonomous yang sangat besar.) 

 
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti: file, printer, media penyimpanan (hardisk,floppy disk, cd-rom, flash disk, dll). Data yang berupa teks, audio maupun video, bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless)  sehingga  memungkinkan  pengguna  komputer  dalam jaringan komputer   dapat  saling bertukar   file/data,  mencetak pada printer  yang sama dan menggunakan hardware/software  yang terhubung dalam jaringan bersama-sama. 

Tiap  komputer,  printer  atau  periferal  yang terhubung dalam jaringan disebut  dengan ”node”. Sebuah  jaringan  komputer  sekurang-kurangnya terdiri  dari  dua  unit  komputer  atau  lebih,  dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.

Share this

0 Comment to "Pengertian Jaringan Komputer"

Posting Komentar