Selasa, 17 Januari 2017

Pengertian Jaringan Peer to peer

Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer,  terhubung langsung dengan  kabel  crossover  atau  wireless  atau juga  dengan  perantara hub atau switch. 

Komputer  pada  jaringan  peer  to  peer  ini  biasanya  berjumlah  sedikit  dengan  1-2  printer.  Untuk penggunaan khusus, seperti laboratorium komputer, riset dan beberapa hal lain, maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10 hingga 100 komputer. 

 
Peer  to  peer  adalah  suatu  model  dimana  tiap  PC dapat  memakai  resource  pada  PC lain  atau memberikan resourcenya  untuk dipakai   PC lain,  Tidak ada yang bertindak sebagai  server  yang mengatur sistem komunikasi  dan penggunaan resource komputer yang terdapat  dijaringan,  dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama.  

Misalnya terdapat beberapa unit komputer dalam satu departemen, diberi nama group sesuai dengan departemen yang bersangkutan. Masing-masing komputer diberi  alamat  IP dari  satu kelas IP yang sama agar  bisa saling sharing untuk bertukar  data atau resource yang dimiliki  komputer  masingmasing, seperti printer, cdrom, file dan lain-lain.

Share this

1 Response to "Pengertian Jaringan Peer to peer"